Halaman

Sabtu, 05 Januari 2019

Soal Ujian Tengah Semester Ganjil (Uts) Tafsir Ilmu Tafsir Kelas Xi Aliyah K 13

Contoh Soal UTS Ganjil Tafsir Ilmu Tafsir Kelas 11 Aliyah

I. Pilihlah dan lingkari tanggapan yang paling benar!

1. Kesetiaan menjunjung serta mengerjakan segala perintah-Nya dan meninggalkan segala larangan-Nya. Hal tersebut merupakan makna dari....
A. Taat kepada kedua orang tua
B. Taat kepada tokoh adat.
C. Taat Kepada guru.
D. Taat kepada Rasul.
E. Taat kepada Allah Swt dan Rasulnya.

2. Makna kata حُمِّلَ adalah....
A. Berbuat
B. Bawaan
C. Barang
D. Beban
E. Kewajiban

3. Ketaatan selain kepada Allah dan Rasul-Nya tidaklah mutlak dan bersyarat, yaitu....
A. Jika tidak bertentangan dengan apa yang diperintahkan dan dihentikan oleh Allah dan Rasulullah.
B. Jika tidak bertentangan dengan hati nurani.
C. Jika tidak bertentangan dengan watak istiadat suatu daerah.
D. jikalau tidak bertentangan dengan peraturan daerah.
E. jikalau tidak bertentangan dengan pemerintah

4. Makna dari kalimat فَمَا أَرْسَلْنَاكَ عَلَيْهِمْ حَفِيظًا adalah....
A. Dia tidak mengutus siapapun menjadi pemelihara
B. Maka kami tidak mengutusmu untuk menjadi pemelihara bagi mereka
C. Maka kami mengutusmu untuk menjadi pemelihara bagi mereka
D. Agar tidak terlalu menggebu-gebu dalam berdakwah dan tidak menjadikannya beban jikalau mereka tidak menerima
E. Mereka tidak mengutusmu menjadi pemelihara.

5. Maksud redaksi  أَطِيعُوا dalam QS. An Nur (24) : 54 yang tercantum 2 kali, yaitu sebelum lafaz Allah Swt dan Rasul adalah....
A. mengisyaratkan bahwa ketaatan yang dimaksud ialah ketaatan kepada Allah Swt.
B. pada dasarnya mengisyaratkan ketaatan kepada Rasul saja.
C. semoga umat muslim taat kepada Rasul sesudah taat kepada Allah Swt.
D. pada dasarnya mengisyaratkan semoga taat kepada Allah Swt.
E. mengisyaratkan bahwa Rasul mempunyai wewenang serta hak untuk ditaati

6. Maksud dari Taat kepada Allah Swt dan Rasulullah ialah ....
A. menjunjung serta mengerjakan segala perintah dan meninggalkan segala larangan-Nya.
B. melakukan ibadah-ibadah yang wajib dan sunnah
C. menjauhi hal-hal yang dihentikan oleh Allah Swt
D. melakukan hal-hal yang dihentikan dan menjauhi hal-hal yang diperintahkan
E. menyukai shodakoh dan menginfakkan sebagian harta di jalan Allah Swt

7. Sifat ketaatan selain kepada Allah Swtdan Rasul-Nya ....
A. wajib
B. sunnah
C. tidaklah mutlak dan bersyarat,
D. makruh
E. haram

8. Ketaatan kepada Rasulullah selain mendapatkan (legitimasi) dasar aturan dari al Qur’an pada dasarnya ialah sebab ....
A. Sosok ia yang ideal untuk diteladani
B. Beliau ialah Nabi dan Rasul yang terakhir
C. Apa yang ia sampaikan bukanlah dari hawa nafsu
D. Beliau bergelar al-Amin semenjak sebelum mendapatkan risalah
E. Mufassir al-Qur`an

9. Syarat kebolehan taat kepada pemimpin ialah ....
A. jikalau pemimpinnya berpihak kepada kebijakan untuk rakyat
B. jikalau kebijakannya tidak bertentangan dengan perintah dan larangan Allah Swt dan Rasulullah.
C. jikalau pemimpinnya adil
D. jikalau pemimpinnya tidak korup
E. jikalau pemimpinnya sukses dalam melakukan kepemimpinan

10. Sebagai utusan Allah Swt, ia bukanlah sosok yang otoriter. Hal ini tercermin sebagaimana berikut ....
A. Beliau mendapatkan pendapat, inspirasi dan masukan para sahabat sesuai dengan kompetensi atau keahlian mereka masing-masing pada perkara-perkara di luar agama
B. Beliau menunggu wahyu dari Allah Swt dalam banyak sekali permasalahan ummat
C. Beliau ber-uzlah dikala menuntaskan masalah
D. Beliau ialah seorang mufti
E. Beliau seorang hakim

11. Berikut ialah pengertian dari ulil amri sebagaimana tercantum dalam kitab Tafsir al-Maragi...
A. Ulama dan umara`
B. Ahlul ‘ilmi
C. Jabatan atau profesi yang dipandang penting pada masanya.
D. ahlul ḥalli wal ‘aqdi
E. bukan hanya ulama dan umara` akan tetapi banyak sekali profesi yang ada

12. Makna dari kalimat وَإِن تُطِيعُوهُ تَهْتَدُوا۟ adalah....
A. Dan kewajiban kau sekalian ialah semata-mata apa yang dibebankan kepadamu
B. Dan jikalau kau taat kepadanya, pasti kau mendapat petunjuk.
C. Dan tidak lain kewajiban rasul itu melainkan memberikan (amanat Allah) dengan terang
D. Dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka
E. Dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka

13. Berikut ialah cara sahabat membedakan anutan Rasulullah antara wahyu ataukah pendapat pribadi ....
A. menganalisa perkataan-perkataan beliau
B. bertanya secara langsung
C. berijtihad
D. berdiskusi antar sahabat
E. membedakan apakah pendapat ia bekerjasama dengan agama ataukah tidak.

14. Di dalam Al-Qur'an surat Albaqarah ayat 164 menjelaskan wacana bukti kebesaran dan kekuasaan Allah Swt. yang tidak termasuk dalam pembahasan ayat tersebut adalah....
A. Penciptaan langit dan bumi.
B. Bergantinya malam dan siang silih berganti.
C. Penciptaan insan dan jin.
D. Allah turunkan dari langit berupa air.
E. pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi

16. وَأَوْحَىٰ رَبُّكَ إِلَى ٱلنَّحْلِ أَنِ ٱتَّخِذِى مِنَ ٱلْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ ٱلشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ
Arti dari kalimat yang bergaris bawah di atas ialah ....
A. “buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempattempat yang dibikin manusia”.
B. “ambillah dari gunung, kayu dan gua-gua sebagai rumahmu”.
C. “ambillah dari gunung-gunung, kayu-kayu dan gua-gua sebagai tempat tinggalmu”.
D. “buatlah rumah di gunung, kayu, dan di tempat-tempat yang dipersiapkan manusia”.
E. “buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di rumahrumah manusia”.

17. إِنَّ فِى خَلْقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَٱخْتِلَٰفِ ٱلَّيْلِ وَٱلنَّهَارِ
arti kata yang bergaris bawah pada QS. Al-Baqarah 164 adalah....
A. Bergantinya
B. Perbedaan
C. Malam yang indah
D. Perubahan
E. Perpecahan

18. ثُمَّ كُلِى مِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ فَٱسْلُكِى سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا
arti kata yang bergaris bawah pada QS. An-Nahl 69 adalah....
A. Tempuhlah jalan Tuhanmu yang diberikan
B. Tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan
C. Maka berjalanlah sesuai jalan Tuhanmu
D. Maka ikutilah jalan Tuhanmu
E. Berjalanlah dengan jalan yang diberi Tuhanmu.

19. “Dan kami jadikan tanda siang itu terang” adalah terjemahan dari....
A. وَجَعَلْنَا ٱلَّيْلَ وَٱلنَّهَارَ ءَايَتَيْنِ
B. فَمَحَوْنَآ ءَايَةَ ٱلَّيْلِ
C. وَجَعَلْنَآ ءَايَةَ ٱلنَّهَارِ مُبْصِرَةً 
D. وَٱخْتِلَٰفِ ٱلَّيْلِ وَٱلنَّهَارِ
E. إِنَّ فِى خَلْقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ

20. وَجَعَلْنَا ٱلَّيْلَ وَٱلنَّهَارَ .....ۖ فَمَحَوْنَآ ءَايَةَ ٱلَّيْلِ وَجَعَلْنَآ ءَايَةَ ٱلنَّهَارِ مُبْصِرَةً Lafaz yang sempurna untuk mengisi titik-titik adalah....
A. تَفْصِيلًا
B. ءَايَتَيْنِ
C. وَٱلْحِسَابَ
D. فَصَّلْنَٰهُ 
E. وَلِتَعْلَمُوا۟

21. Kata كَفَرُوٓا۟ ialah jama’ dari akar kata كَفَرُ۟ yang berarti....
A. Menutup, melepaskan, membuka
B. Melepaskan, menutup, menghapus, menyembunyikan
C. Menghapus, menahan, mengkafirkan
D. Mengkafirkan, keluar Islam, dan melepaskan
E. Menutup, membuka, dan menghapus
.
22. Tanda-tanda kebesaran dan kekuasaan Allah sebagaimana dijelaskan pada ayat berikut ialah ....

أَوَلَمْ يَرَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوٓا۟ أَنَّ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنَٰهُمَا ۖ وَجَعَلْنَا مِنَ ٱلْمَآءِ كُلَّ شَىْءٍ حَىٍّ ۖ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ
A. Proses awal alam semesta
B. Evolusi manusia
C. Terjadinya bintang dan planet
D. Teori big bang (dentuman besar) sebagai awal terjadinya alam semesta yang awalnya ialah terpadu
E. Teori ledakan bom atom sebagai teladan terjadinya dunia dan langit .

23. Allah Swt memberikan kebesaran dan kekuasaan-Nya melalui al-Qur’an, tujuannya ialah ....
A. Agar insan merenungkannya dan menyadarinya.
B. Agar insan menambangnya
C. Agar insan tidak kafir
D. Agar insan bersyukur
E. Agar insan memperhatikan fenomena alam sekitar.

24.  مِنۢ بَيْنِ فَرْثٍ وَدَمٍ لَّبَنًا خَالِصًا سَآئِغًا لِّلشَّٰرِبِينَ yang mempunyai arti higienis ialah ....
A. فَرْثٍ
B. وَدَمٍ
C. لَّبَنًا 
D. خَالِصًا
E. سَآئِغًا

25. Pada ayat berikut, kalimat yang menjelaskan proses terjadinya hujan ialah ....
إِنَّ فِى خَلْقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَٱخْتِلَٰفِ ٱلَّيْلِ وَٱلنَّهَارِ وَٱلْفُلْكِ ٱلَّتِى تَجْرِى فِى ٱلْبَحْرِ بِمَا يَنفَعُ ٱلنَّاسَ وَمَآ أَنزَلَ ٱللَّهُ مِنَ ٱلسَّمَآءِ مِن مَّآءٍ فَأَحْيَا بِهِ ٱلْأَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَبَثَّ فِيهَا مِن كُلِّ دَآبَّةٍ وَتَصْرِيفِ ٱلرِّيَٰحِ وَٱلسَّحَابِ ٱلْمُسَخَّرِ بَيْنَ ٱلسَّمَآءِ وَٱلْأَرْضِ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

A. وَٱخْتِلَٰفِ ٱلَّيْلِ وَٱلنَّهَارِ
B. وَٱلْفُلْكِ ٱلَّتِى تَجْرِى فِى ٱلْبَحْرِ
C. وَبَثَّ فِيهَا مِن كُلِّ دَآبَّةٍ
D. وَتَصْرِيفِ ٱلرِّيَٰحِ
E. وَٱلسَّحَابِ ٱلْمُسَخَّرِ بَيْنَ ٱلسَّمَآءِ وَٱلْأَرْضِ

II. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

1. Kata أَطِيعُوا (taatlah) yang tercantum sebelum lafaz Rasulullah memberikan kepada beberapa pengertian, yaitu ....
2. Jelaskan hakekat taat kepada Allah Swt dan Rasulullah kemudian taat kepada selain Allah Swt dan Rasulullah ....
3. Paparkan beberapa pandangan ulama wacana makna ulil amri!
4. Kenapa kita diwajibkan untuk taat kepada Rasulullah?
5. Apakah bukti Kebesaran dan Kekuasaan Allah Swt yang terdapat pada QS. an Nahl ayat 65-70? Sebutkan!
6. Apakah bukti Kebesaran dan Kekuasaan Allah Swt yang terdapat pada surah alBaqarah ayat 164? Sebutkan!
7. Apakah bukti Kebesaran dan Kekuasaan Allah Swt yang terdapat pada surah an Nahl ayat 72? Sebutkan!
8. Kenapa Allah Swt membuat insan secara berpasangan? Jelaskan dan sebutkan ayat yang memperkuat bahwa berpasang-pasangan ialah bukti kebesaran dan kekuasaan Allah Swt
9. Mengapa Allah Swt menjelaskan bahwa alam dan banyak sekali ciptaan-Nya ini sebagai tanda- tanda kekuasaan-Nya?Jelaskan!
10. Bagaimanakah perilaku para sahabat wacana ketaatan kepada Rasulullah, berikan juga teladan perilaku sahabat, dikala ia berpendapat.

Kunjungilah selalu etikahidupmuslim.blogspot.com semoga bermanfaat. Aamiin.
Facebook Twitter Google+

Back To Top