Halaman

Sabtu, 27 Februari 2016

Etika Makan Dalam Islam

Makan adalah kebutuhan pokok manusia. Selaku pencipta Allah telah menyediakan bahan makanan untuk manusia begitu melimpah, Baik berupa bahan tumbuh-tumbuhan atau hewan baik yang ada di darat maupun yang ada di laut. saking banyaknya Entah berapa ribu jenis makanan yang telah Allah sediakan untuk bahan makanan manusia.
Allah telah membuat seperangkat aturan tentang etika makan. apa yang boleh dimakan, apa yang diharamkan, Bagaimana cara makan dan yang lainnya. dalam al-quran disebutkan kurang lebih 26 ayat tentang perintah makan, sementara ayat yang memerintahkan shalat hanya ada kurang lebih 16 ayat. Hal ini bukan berarti harus lebih banyak makan daripada shalat. perintah dalam ayat-ayat tentang makan ternyata tidak ada satupun ayat yang memerintahkan makan saja tetapi selalu diakhiri dengan catatan (embel-embel) seperti; "Makanlah dan bersyukurlah atau Makanlah dan jangan berlebih-lebihan".
Pada intinya perintah makan bukan sebatas mengisi isi perut saja seperti halnya perilaku binatang tetapi anjuran untuk bersikap apik makan dan bukan asal makan. karenanya taatilah ketentuan agama tentang etika makan. di bawah ini adalah adab atau aturan tentang makan;
Makanan itu adalah anugerah dari Allah dan bersyukurlah kepada-Nya;


Allah SWT berfirman: "Hai orang-orang yang beriman! Makanlah Di antara Rizki yang baik-baik yang kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepadaNya kamu menyembah". (Q.S. al-Baqarah : 172)

Baca Juga  -->>  Makanan Yang Diharamkan

Facebook Twitter Google+

Back To Top